Senin, 08 September 2014

Harga Spesifikasi Lenovo Tab A8 dan Review Lengkap

Beberapa saat yang lalu, lenovo kembali menghadirkan tablet terbarunya yang kini lebih menargetkan kaum muda. Hal itu terlihat dari varian warna-warna cerah dan mencolok yang menyelimuti tampilan tablet berjuluk Tab A8 ini.

Disamping itu, hal menarik yang dimiliki perangkat ini juga terdapat pada desain yang cukup berbeda dengan tablet yang lain.


Urusan jeroannya, tablet lenovo Tab A8 ini juga dilengkapi prosesor quad core, serta memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk diisi dengan banyak aplikasi. Soal tampilan layarnya, tablet ini menggunakan ukuran 8 inchi dengan resolusi HD+.

Harga Spesifikasi Lenovo Tab A8


Spesifikasi Lenovo Tab A8


Memang ukuran layar 8 inchi mulai menjadi tren sejak Apple menyematkannya pada iPad Mini. Beberapa vendor tablet lain juga menghadirkan ukuran layar tersebut, sama halnya dengan lenovo yang turut memasangnya pada tablet senilai Rp 2,5 juta ini.

Lalu, apa sebenarnya faktor lebih dari tab anyar dari lenovo ini jika dibandingkan dengan tablet lain di level yang sama? Berikut review kami tentang tablet berwarna imut ini.

Desain dan Warna

Jika dilihat secara menyeluruh, sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara Lenovo Tab A8 dengan tablet dari vendor lain. Bentuknya juga hanya itu-itu saja, tapi Lenovo melakukan sedikit penyegaran melalui varian warna cerah seperti canary yellow, midnight blue, putih dan flamenco red.
Letak tombol-tombolnya juga tidak berbeda dengan bentuk tablet secara umum yang terdapat pada sisi kanan dan saling berdampingan antara tombol volume dan power. 
 
Untuk slot micro SD dan kartu SIM diletakkan di sisi sebelahnya yang ditutupi oleh penutup kecil.
Tablet ini memiliki persamaan dengan kebanyakan tablet yang beredar dipasaran, yakni peletakan kamera di bagian belakang kanan atas serta kamera depan yang berada di kiri atas.
Yang menarik, speaker stereo yang terletak di bagian depan atas dan bawah membuat tablet yang satu ini sedikit lebih baik, walaupun jika sekilas dipandang malah akan membuatnya tampak seperti sebuah phablet yang memiliki ukuran sangat besar.

Sayangnya, lenovo belum ingin memakai material alumunium pada Lenovo Tab A8. Walaupun di kisaran harga yang sama, banyak vendor ponsel lokal yang membuat perangkat dengan memakai material yang tampak lebih terlihat keren tersebut.

Tapi soal kualitas, jika perbandingannya dengan vendor lokal, maka tablet Tab A8 jelas lebih baik, sebab selain karena faktor nama besar Lenovo sendiri, secara keseluruhan kualitas perakitan Tab A8 juga bisa dikategorikan 'layak dibayar'.

Tampilan Menu seperti iOS

Lenovo Tab A8 dilengkapi dengan OS Android 4.2 Jelly Bean dengan tampilan yang dirubah sedemikian rupa hingga menyerupai iOS. Jadi tidak ada tampilan home pada perangkat yang satu ini, guna mengakses aplikasi Anda cuma tinggal menggeser layar ke kiri untuk mencari aplikasi yang ingin dipakai.

Tapi harus kita akui bahwa penampakan layar tablet ini memang termasuk tajam. Objek yang terdapat di dalam layar, misalnya ikon dan yang lain tampak lebih enak dilihat.
Lenovo juga bisa dikatakan cerdik, sebab menggabungkan tampilan layar Lenovo Tab A8 yang tajam dengan warna ikon aplikasi serta wallpaper bawaan yang cerah.

Keunggulan lainnya adalah adanya fitur bernama smart side bar yang dibawanya. Pengguna dapat langsung mengakses aplikasi yang diinginkan dengan cukup menggeser bagian kiri layar.
Di dalamnya juga terdapat opsi pengaturan display yang disesuaikan dengan pilihan pengguna yakni multimedia, membaca dan standar.

Disamping itu Lenovo juga menyematkan aplikasi bernama SHAREit yang bermanfaat untuk memudahkan pengguna untuk membagikan sebuah file dengan perangkat lainnya melalui koneksi bluetooth atau WiFi.

Ruang Penyimpanan yang Besar

Urusan hardware, lenovo Tab A8 tidak jauh berbeda dengan produk yang berada di kisaran harga sama. perangkat ini dipersenjatai prosesor quad core 1,3 GHz serta didukung oleh RAM sebesar 1 GB. 
 
Tapi jika dibandingkan dengan tablet dari vendor lain yang berada di level yang sama, penyimpanan internal lenovo Tab A8 termasuk lebih besar karena memiliki kapasitas 16 GB. Jika masih belum puas, pengguna juga masih bisa meningkatkannya dengan menggunakan slot microSD.

Sama halnya dengan nama yang diusung, lenovo Tab A8 mempunyai layar sebesar 8 inchi yang menggunakan resolusi HD+, yaitu 1280x800 pixel. Resolusi layar perangkat ini bisa dibilang paling baik di kelasnya mengingat masih banyak tablet dari vendor lain yang masih menggunakan resolusi 1024x768 pixel.

Lenovo menyematkan kamera utama sebesar 5 MP dan kamera depan sebesar 2 MP pada tablet ini. Memang tidak terlalu istimewa, sebab yang namanya tablet sejatinya memang tidak diciptakan untuk berfoto. Disamping itu, umumnya kamera yang ada pada tablet memang cuma bersifat sebagai pelengkap saja.

Menariknya, Lenovo menyematkan sepasang speaker yang berada di bagian atas dan bawah layarnya. Guna meningkatkan kualitasnya, Lenovo juga telah melengkapi tablet ini dengan aplikasi Dolby yang di dalamnya berisi berbagai macam parameter audio yang bisa dipilih yaitu Voice, Music, Game dan Movie.

Performanya Lumayan

Soal performanya, Lenovo Tab A8 yang kami coba cukup terasa halus ketika dioperasikan, tapi ini juga dikarenakan masih sedikitnya aplikasi yang terpasang di dalamnya. Umumnya seiring penggunaan serta bertambahnya jumlah aplikasi yang dipasang, kinerjanya akan semakin berat.
Cara yang paling mudah untuk mengetes performanya adalah dengan memakai aplikasi benchmark seperti 3Dmark dan AnTuTu. Kedua aplikasi tersebut memakai pengetesan dengan berbasis sintetik yang menyerupai pemakaian sehari-hari.

Menurut pengujian AnTuTu, nilai yang dicapai termasuk lumayan dengan skor sebesar 16370 poin. Jika dibandingkan dengan tablet di kelasnya, pencapaian tersebut memang sedikit lebih unggul walau tidak terlalu jauh selisihnya. Sebagai catatan, rata-rata tablet di kelas menengah memperoleh nilai sekitar 13 ribuan poin.

Sedangkan pengetesan dengan memakai 3DMark yang membutuhkan lebih banyak resources prosesor dan grafis, tablet besutan lenovo ini sepertinya cukup kewalahan, sebab cuma bisa memperoleh nilai 2812 poin.

Walaupun begitu, 3DMark menyebut nilai yang dicapai Lenovo Tab A8 dengan predikat ‘direkomendasikan’. Tapi pengguna sebaiknya tidak terlalu menaruh harapan ketika memainkan game level berat sebab tingkat frame per second (fps) yang digunakannya cuma berada di sekitar belasan, walau jika menemukan adegan yang tidak terlalu ‘crowded’ pencapaiannya dapat menembus sekitar 20-an fps.

Kesimpulan

Dengan banderol harga sekitar Rp 2,5 juta, itu berarti Lenovo Tab A8 termasuk tablet segmen menengah, yang mana para konsumennya cukup kritis dengan perangkat yang akan dibelinya.
Tapi untungnya, jika dibandingkan dengan produk dari vendor lain di kelasnya, Lenovo Tab A8 mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya diminati, walaupun secara performa tergolong biasa-biasa saja.

Keunggulan itu terletak pada pilihan warna cerah dan “kinclong” yang disajikan. hal ini juga menegaskan bahwa target penggunanya adalah dari kalangan muda.
Kelebihan yang lainnya yakni penggunaan resolusi layar HD+ yang memang masih jarang ditawarkan oleh tablet dari vendor lain pada kisaran harga yang sama, serta adanya speaker stereo di tablet ini.

Sedangkan faktor lain yang bisa membuat tablet ini diminati adalah dari segi aplikasi, yakni adanya SHAREit dan Dolby. Khusus Dolby, Lenovo bisa dikatakan lebih unggul sebab memang masih sedikit tablet yang menawarkan fitur audio enhancement itu.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa gaya Lenovo Tab A8 memang menjadi suatu daya tarik tersendiri, termasuk juga build quality yang ditawarkan.
Tapi bila yang dinilai adalah performa yang istimewa, sepertinya Anda mesti agak mengesampingkannya. Karena walaupun pada pengujian benchmark nilai yang diraih termasuk sedikit di atas tablet di level menengah, tapi kinerjanya masih berada di kisaran tablet kelas menengah yang kemampuannya rata-rata “nanggung”.

Spesifikasi lengkap Lenovo Tab A8:
  • Layar 8 inch 1280x800 pixel 189 pixel per inch
  • Kamera belakang 5 MP, kamera depan 2 MP
  • Jaringan 3G/HSDPA/HSUPA
  • Prosesor quad core MediaTek MT8382 1,3 GHz Cortex-A7
  • RAM 1 GB
  • Memori Internal sebesar 16 GB
  • Fitur Dolby Audio
  • Konektifitas : WiFi, Bluetooth 4.0, GPS
  • Kapasitas Baterai 4200 mAh

    Demikian informasi Harga dan Spesifikasi Lenovo Tab A8. Semoga bermanfaat untuk Anda penggemar Lenovo. Baca juga artikel sebelumnya tentang Harga HP Nokia Lumia 730

Harga Spesifikasi Lenovo Tab A8 dan Review Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.